Fraud Blocker
Sulit Transfer Uang ke Luar Negeri? Solusinya ada di IBAN BNI
Resources

Sulit Transfer Uang ke Luar Negeri? Solusinya ada di IBAN BNI

September 26, 2023

Pernah mengirim uang ke luar negri? Hal ini dapat menjadi proses yang rumit, terutama jika Anda tidak familiar dengan prosedurnya. Namun, jangan khawatir, karena ada solusi yang dapat membantu Anda melakukan transfer uang ke luar negeri dengan mudah dan efisien. Salah satunya adalah IBAN BNI.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan apa itu IBAN, bagaimana cara mendapatkan kode IBAN BNI untuk transfer uang, serta bagaimana cara menggunakan IBAN BNI dalam proses pengiriman dana internasional.

Apa Itu IBAN?

IBAN, singkatan dari "International Bank Account Number," adalah sistem pengkodean internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi nomor rekening bank di seluruh dunia.

IBAN dirancang untuk meningkatkan kecepatan dan akurasi dalam transfer uang antarnegara, dengan menyediakan format standar yang dapat diakses oleh semua bank di dunia. Setiap IBAN memiliki struktur kode yang unik yang mengidentifikasi negara, bank, dan nomor rekening individu. Ini meminimalkan risiko kesalahan dalam proses transfer uang.

Berapa Kode IBAN BNI untuk Transfer Uang?

Kode IBAN BNI adalah kode yang diberikan oleh Bank Negara Indonesia (BNI) kepada nasabahnya untuk memfasilitasi transfer uang internasional. Kode IBAN BNI terdiri dari 34 karakter alfanumerik yang membawa informasi penting tentang rekening bank Anda. Kode IBAN BNI terdiri dari kode negara, kode bank, kode cabang, dan nomor rekening Anda.

Kode IBAN BNI ini dapat ditemukan pada buku tabungan atau rekening Anda, biasanya pada bagian informasi rekening.

Bagaimana Cara Transfer Menggunakan IBAN BNI?

ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transfer uang ke luar negeri dengan memanfaatkan IBAN dari Bank BNI. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Transfer melalui Kantor Cabang BNI

Untuk melakukan transfer dana ke luar negeri, Anda bisa langsung datang ke kantor cabang Bank BNI terdekat. Pilihlah layanan Outgoing Transfer (OTR). Untuk dapat melakukan transaksi, kamu harus menjadi nasabah Bank BNI. Saat datang ke Bank, kamu wajib membawa buku tabungan dan membayar biaya pengiriman sesuai ketentuan berlaku.

Jangan lupa bawa dokumen underlying yang sesuai dengan kebutuhan transaksi OTR. Salah satu keunggulan transaksi OTR adalah kiriman uang dapat diterima pada hari yang sama. Selain itu, Transfer juga dapat diterima dalam 125 jenis mata uang lokal di berbagai negara.

BNI juga telah memiliki produk Ringgit Remittance, Yuan Remittance serta Won Remittance sehingga pengiriman dana ke Malaysia, China, dan Korea Selatan semakin mudah.

2. Melalui Mobile Banking

Demi kemudahan bertransaksi, BNI sudah menyediakan fitur transfer mata uang asing ke seluruh negara di dunia melalui BNI Mobile Banking. Dengan fitur ini, kamu tak perlu lagi repot berkunjung ke kantor cabang BNI.

Transaksi keuangan pun dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Nah, agar tak salah dalam prosesnya berikut langkah-langkah transfer uang ke luar negeri dengan aplikasi BNI Mobile Banking.

  1. Login ke aplikasi kemudian pilih menu transfer.
  2. Pilih opsi menu international remittance.
  3. Pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan yang muncul. Setelah itu, klik lanjut.
  4. Pilih nomor rekening debet dan pilih input baru.
  5. Pilih opsi negara tujuan yang akan ditransfer.
  6. Pilih Bank yang akan menjadi tujuan transfer.
  7. Input nomor rekening bank tujuan. Pastikan kode IBAN yang kamu dapatkan sudah sesuai.
  8. Masukan nama dan alamat penerima secara benar dan lengkap.
  9. Bila kamu ingin menambahkan nomor rekening penerima sebelumnya ke dalam Daftar Favorit, centang kolom simpan ke Daftar Favorit. Tulis nama singkat si pemilik rekening.
  10. Setelah itu, isi data mengenai nominal mata uang yang ingin dikirim (tersedia dalam mata uang Euro/Dolar AS, Dolar Singapura, dan Dolar Australia).
  11. Pilih beban Ongkos Bank Koresponden yang harus dibayarkan.
  12. Pilih tujuan transaksi yang dilakukan.
  13. Jangan lupa masuk ke halaman validasi dan masukan password transaksi.
  14. Tekan lanjut dan transaksi yang kamu lakukan telah selesai.

Dengan kedua opsi ini, Anda dapat dengan mudah mentransfer uang ke luar negeri dengan menggunakan IBAN BNI. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti untuk memastikan bahwa transaksi Anda berjalan lancar dan aman.

Dengan adanya IBAN BNI, Anda dapat mentransfer uang ke luar negeri dengan lebih mudah dan aman. Pastikan Anda memiliki kode IBAN yang benar dan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan di atas.

Jangan ragu untuk menghubungi Bank Negara Indonesia (BNI) jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut atau memiliki pertanyaan tentang proses transfer uang ke luar negeri. Dengan bantuan IBAN BNI, Anda dapat mengatasi semua kendala dalam proses pengiriman dana internasional.